KEMULIAAN MELAKSANAKAN DAKWAH ILAA ALLAAH

 

عن أبى رافع قال , قال النبى صلى الله عليه وسلم لَأَنْ يَهْدِىَ اللَّهُ على يَدَيْكَ رَجُلاً خَيرٌ لَكَ مِمَّا طَلَعَتْ عَلَيهِ الشَّمْسُ وَغَرَبَتْ

Dari Abi Rafi dia berkata bahwa Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam, telah bersabda: Jika ditunjukkan seorang manusia mengikuti jalan ALLAH, melalui daya usahamu, ia adalah lebih baik daripada bersedekah dengan semua harta benda dari naiknya matahari hingga terbenamnya matahari.

(HR At-Tabrani No: 18250)

Kandungan hadits;

1. Tugas setiap Muslim adalah meneladani Rasulullah untuk menyampaikan dakwah kepada orang lain.

2. Tanggungjawab berdakwah, mengajak orang lain kepada jalan Allah dan menjauhi kemungkaran adalah tugas yang mulia yang ganjarannya lebih baik daripada dia bersedekah semua harta yang ia punyai dari matahari naik hingga terbenam.

3. Dalam hadits yang lain, dari Sahal bin Sa’ad ra, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

فَوَاللَّهِ لَأَنْ يَهْدِىَ اللَّهَ بِكَ رَجُلٌ وَاحِدٌ خَيْرٌ لَكَ مِنْ حُمْرِ النَّعَمِ

” Demi Allah, bila ada satu orang saja yang mendapat petunjuk melalui dirimu maka itu lebih baik bagimu daripada memiliki unta-unta merah (semulia-mulia harta orang Arab) “. (HR Bukhari No: 2724)

4. Tugas berdakwah ini tidak hanya kepada orang tertentu saja, tetapi ia menjadi tanggungjawab bersama setiap umat Islam, yang merasa memiliki Islam, apapun profesi, gelar, jabatan, status, dan atribut orang tersebut. Untuk dakwah adalah kewajiban kita semua nya.

Leave a Reply