SYUKUR & SABAR

 

عن شهيب رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:
عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

Dari Syuheb radhiallahu anhu berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
“Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mukmin; yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya.” (HR Muslim)

ISTIFADAH

Pelajaran yang terdapat dalam Hadits:

1⃣ Setiap mukmin digambarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam. sebagai orang yang memiliki pesona, yang digambarkan dengan istilah ‘ajaban.

2⃣ Pesona berpangkal dari adanya positif thinking (husnu zhan, prasangka baik) seorang mukmin.

3⃣ Ketika mendapatkan kebaikan, ia refleksikan dalam bentuk syukur terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karena ia paham, hal tersebut merupakan anugerahNya. Dan tidaklah Allah memberikan sesuatu kepadanya melainkan pasti sesuatu tersebut adalah positif baginya.

4⃣ Sebaliknya, jika ia mendapatkan suatu musibah, ia akan bersabar. Karena ia yakin, hal tersebut merupakan pemberian sekaligus cobaan bagi dirinya yang ada rahasia kebaikan di dalamnya. Sehingga refleksinya adalah dengan bersabar dan mengembalikan semuanya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

5⃣ Maka kesempatan emas tidak akan pernah disia-siakan oleh seorang mukmin sebagai ladang amal shaleh.
Dan mukmin yang beramal shaleh akan berhak mendapatkan janji Allah Subhanahu wa Ta’ala, kehidupan yang thoyib di dunia dan kehidupan yang lebih baik besuk diakhirat yaitu, “surga.”

Tema Hadits yang berkaitan dengan ayat Al-Quran:

1⃣ Sabar merupakan perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala.

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”. [QS al-Baqarah : 153].

2⃣ Orang-orang yang bersabar yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas, artinya tidak bisa ditimbang dan ditakar karena saking banyaknya pahala.

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

“Sesungguh­nya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”.
[Az-Zumar, ayat 10].

3⃣ Syukur merupakan perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

“Karenanya, ingatlah kamu sekalian kepada-Ku niscaya Aku ingat pula kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah mengingkari nikmat-Ku.”
[ Al- Baqarah ayat 152 ]

4⃣ Kebaikan syukur kembali kepada diri sendiri

وَلَقَدْ آتَيْنَا لُقْمَانَ الْحِكْمَةَ أَنِ اشْكُرْ لِلَّهِ وَمَنْ يَشْكُرْ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ

“Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmah kepada Luqman, yaitu, “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barang siapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barang siapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Mahakaya lagi Maha Terpuji.”
[Lukman:12].

Semoga bermanfaat..!

Leave a Reply