ADAB MAKAN YANG DIAJARKAN RASULULLAH

 

1). Memulai makan dengan mengucapkan Basmalah. Kalau lupa, ucapkanlah diakhir makan dengan BISMILLAH FI AWWALIHI WA AKHIRIHI.

2). Jika kita berdoa sebelum makan, maka syaithan akan takut. (Hadist Muslim riwayat Jabir).

3). Mulailah menggunakan tangan Kanan ketika mengambil makanan. Karena syaitan makan dan minum dengan tangan kiri.

4). Ambillah makanan yang dekat dengan kita. (HR. Buchari)

Adab makan yangn lain sesuai dengan sunnah antara lain :
1). Memulai makan dari pinggir piring karena Nabi bersabda antara lain … ,”mulailah makan dari pinggir (piring) dan janganlah makan dari tengahnya .” (HR.Tirmidzi).
2). Tidak boleh mencela makanan seperti kurang garam, tidak enak atau kurang badaceh, indak lamak dan sebagainya.
Sahabat Abu Hurairah berkata: Tidak pernah Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam mencela suatu makanan .. seandainya beliau menyukainya maka beliau memakannya dan jika tidak menyukainya maka beliau meninggalkannya.(HR. Bukhari).

3). Cukup makan sekali (kurangi makan batambuah). Menurut Ana’s bin Malik, Rasulullah bersabda “Sesunguhnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala sangat suka kepada hamba Nya yang makan sekali makan, kemudian memuji-Nya dan minum sekali minum dan kemudian memujinya. (HR.Muslim).

Adab makan yang diajarkan Rasulullah ini sangat indah memulai makan dengan membaca puji2an dan bersyukur kepada Allah atas makanan yang terhidang, kemudian membaca basmallah, makan dengan memakai tangan kanan, makan sambil duduk, makan jangan terburuburu, suap demi suap dinikmati dengan mengingat Allah yang telah menciptakan makanan untuk kita.
Kalau orang tua, istri, anak2, sanak saudara ada yg dirumah, ajaklah mereka untuk makan bersama, kalau ada tamu atau orang lewat, ajaklah ikut makan juga, kalau ada kucing minta makan di rumah, kasihlah kucing makan, jangan sampai kita enak2 makan, sementara kucing melongo saja melihat kita makan, kasihan kita, ibo hatinya dan Allah bisa2 marah sama kita nanti.
Ambil makanan secukupnya, jangan sampai makan bersisa, mubazir, nanti Allah marah,.. Kemudian membaca alhamdulilah setelah makan tanda kita pandai berterimakasih kepada Allah atas makanan yg kita makan …
Demikianlah indahnya cara makanan yang diajarkan agama.

Wallahualam bis-shawaab

Leave a Reply