MEMATENKAN KULINER MINANG

 

Mungkin sudah bisa dipertimbangkan bahwa makanan Padang dengan pola dan sistem penyajiannyo beserta kampuang2 yang bercirikan khas Minang didaftarkan ka UNESCO dalam satu paket.

Modalitasnya dimiliki cukup kuat.
Sudah bisa dirancang dan di usulkan melalui Mendiknas dan MenPariwisata. Ini sekakigus akan mengukuhkan bahwa kampuang2 dan kuliner Padang menjadi pilar dalam budaya dunia, sekaligus menjadi daya jual wisata yang semakin unggul.

Contoh, kota2 dan makanan di Meksiko – sdh cukup banyak yg dikukuhkan sebagai kota dan kuliner Unesco (world common heritage).

Selain itu di Sumbar sendiri sudah waktunya pula dipertimbangkan utk mendirikan sentra2 kuliner (gastronomy centre). Demikian diantara pemikiran bernas Pak Yusra Khan.yang kini adalah Dubes RI di Mexico.

Menelisik jalan pikiran diatas maka ada beberapa action yang dapat diujudkan segera.

1. Gastronomy week Minangkabau (exihibition) yang dimulai dari menghimpun ramuan resep, mengolahnya, Memasak dan menghidangkan, termasuk bila saja jenis makanan tersebut dibuat dalam kaitan acara apa …

2. Ujungnya melahirkan Ensiklopedi Lengkap Kuliner (gastronomy) Minangkabau untuk meraih pengakuan WCH Unesco.

3. Tak perlu belajar sampai ke Swiss betul. Tenaga pengajar kuliner Minang ini cukup menghimpun orang tua yang berpengalaman dinagari nagari (walau jumlahnya sudah berkurang, jangn sampai terlambat, sebab sebentar lagi beliau2 itu akan habis).

4. Muridnya akan melahirkan Chef Internasional dengan keahlian khusus gastronomy Minangkabau.

5. Setiap.nagari punya mskanan khusus ysng padamasa ini sudah mulai dilupakan anak nagari karena khasnya makanan Minang itu dari ramuannya cara memasak menghidang dan ketelatenannya.

6. Semua makanan atau kuliner Minang itu halal tidak memerlukan sertifikat lagi.
Cuma karena perkembangan zaman RM Minang namanya dan pemilik serta juru masaknya etnis lain, mska sertifikat halal MUI diperlukan mereka.

Namun perlu ditekankan bahwa hanya Minangkabau yang punya Makanan Halal.

Terimakasih.

Leave a Reply